Selasa, 11 Oktober 2011

Soal Akuntansi

1.      Jelaskan pengertian akuntansi menurut pendapat masing-masing ?
Jawab :
Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberi kepastian mengenai informasi yang membantu seseorang dalam menghitung masalah keuangan, yang bertujuan untuk menyampaikan atau menyiapkan suatu laporan keuangan yang lebih akurat. Pencatatan ini dikenal dengan istilah pembukuan. Akuntansi juga dapat diartikan informasi keuangan pada suatu bisnis yang dicatat, diklasifikasi, diringkas, dan di komunikasikan yang berupa pembukuan.

2.      Sebutkan dan jelaskan software akuntansi yang di pakai di perusahaan minimal 3 !
Jawab :
Ø  Krishand GL 4.0 merupakan software akuntansi versi terbaru keluaran dari Krishand Software yang merupakan lanjutan dari versi 3.0.Krishand Software yaitu merancang sebuah sistem aplikasi yang sederhana, handal dan mudah dioperasikan. Krishand GL 4.0 juga dirancang agar mudah dipelajari dan dioperasikan namun lengkap dengan fitur-fitur yang mampu memudahkan pekerjaan Anda dengan harga kompetitif.
Ø  MYOB Accounting Plus 13, MYOB adalah kependekan dari Manage Your Own Business, buatan Australia. Software ini banyak sekali digunakan di Indonesia. Software ini akan terasa powerful ketika diintegrasikan dengan software MYOB yang lain seperti MYOB Fixed Asset, MYOB Point Of Sale. Tampilan yang familiar, mudah digunakan, dan gampang dipelajari (bahkan bagi seorang yang buta akuntansi pun) telah membuatnya banyak digunakan.
Ø  Accurate 3.3.0, sudah dalam bahasa Indonesia, yang merupakan software adaptasi dari Accurate International. Tampilan yang sederhana (mirip MYOB) namun elegan dengan banyak pilihan skin, sehingga terkesan modern. Kelebihan utamanya hanya pada pilihan Bahasa Indonesia, sehingga bisa familiar dan mudah dipelajari.
3.      Sebutkan kelebihan dan kekurangan software DEA ?
Jawab :
DEA (Dac Easy Accounting) merupakan suatu software akuntansi yang memiliki berbagai modul yang terintegrasi guna mengolah data akuntansi sehingga menghasilkan laporan keuangan. Dengan DacEasy Accounting pengolahan data akuntansi yang manual relatif tidak diperlukan lagi, karena dapat ditangani dengan cepat dan tepat oleh DacEasy Accounting
v  Kelebihan dari DEA :
·         Membutuhkan spesifikasi komputer yang sangat minim, bahkan bisa berjalan dalam komputer pentium I.
·         Respon yang cepat
·         Real time, maksudnya, ketika PLN mati, data yang sudah diinput akan tersimpan dalam database.

v  Kekurangan dari DEA :
·        DEA sangat bagus untuk estimasi efisiensi relatif UKE (Unit Kegiatan Ekonomi) tetapi sangat lambat untuk mengukur efisiensi absolut dengan kata lain bisa membandingkan sesama UKE tetapi bukan membandingkan maksimisasi secara teori.
·         Uji hipotesis secara statistik atas hasil DEA sulit dilakukan.
·         Menggunakan perumusan linier programming terpisah untuk tiap UKE (perhitungan secara manual sulit dilakukan apalagi untuk masalah berskala besar).
·         Bobot dan input yang dihasilkan oleh DEA tidak dapat ditafsirkan dalam nilai ekonomi.
·         Tampilan menu kurang menarik, dibandingkan software akuntansi lainnya, hanya terkesan simple dan sederhana.

0 komentar:

Posting Komentar